Senin, 11 Desember 2017
Ini Tempat-tempat Pelaksanaan MTQ Provinsi Riau ke-36 di Dumai | Gubri Buka MTQ ke-36 Riau, Gubri: Maknai MTQ untuk Selalu Pedamonai Alquran | Tampil Memukau, Bupati Bengkalis Serahkan Tanjak “Tebing Runtuh” ke Gubri | Kafilah Pawai Ta'aruf Meranti Tampil Memukau | Kafilah Pawai Ta'aruf Meranti Tampil Memukau | LAM Riau dan Berbagai Ormas Sambut Abdul Somad di Bandara SSK II Pekanbaru
 
Advertorial
ADVERTORIAL PEMKO PEKANBARU
Kecamatan Payung Sekaki Siap Jadi Terdepan Dorong Pelayanan Prima Pemko Pekanbaru

Advertorial - - Rabu, 30/08/2017 - 11:06:55 WIB

SULUHRIAU, Pekanbaru- Sebagai salah satu perangkat daerah, kecamatan merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan suatu pemerintahan kota atau kabupatan dalam pelayanan publik yang baik (prima). 

Tak bisa difungkiri, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2008 tentang Kecamatan, camat atau sebutan lain adalah pemimpin dan koordinator penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kerja kecamatan yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan kewenangan pemerintahan dari bupati/walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.

Dalam PP ini minimal ada tujuh kewenangan camat dalam tugas umum pemerintahan. Kewenangan pemerintahan kecamatan yang dilimpahkan oleh bupati atau walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah yang meliputi aspek perizinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penetapan, penyelenggaraan dan kewenangan lain yang dilimpahkan.

Nah, Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru yang kini dipimpin Camat Zarman Chandra, SSTP berazam untuk terus memberikan pelayanan terbaik (prima) kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan kewenangan yang diamanatka peraturan yang ada.

Zarman diwawancarai minggu ke empat Agustus 2017 kepada suluhriau.com menegaskan, bahwa Kecamatannya siap menjadi yang terdepan untuk mendorong terwujudnya pelayanan prima Pemko Pekanbaru.

Dan upaya ke arah tidak isapan jempol, Kecamatan Payung Sekaki tahun 2017 ini mendapat prediket terbaik se Kota Pekanbaru dari sisi pelayanan berdasarkan hasil lomba evaluasi antar Kecamatan se Pekanbaru dilakukan Pemko Pekanbaru tahun ini.

Zarman mengapresiasi kerja keras perangkat kecamatan yang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik setiap urusan masyarakat yang menjadi kewenangan kecamatan. Dikatakan, lomba Evaluasi Kecamatan ini lebih kurang tiga tahun dinanti untuk mendapat hasil yang baik dan ini terbukti. "Ini suatu bentuk aprsiasi kami pada komponen masyarakat yang ada serta jajaran kecamatan yang bersinergi dalam mewujudkan adminitrasi yang baik," katanya.

Kantor Camat Payung Sekaki (Foto Suluhriau.com)

Ia menambahkan, jika administrasi tertib, maka output nya juga akan baik dirasakan masyarakat melalui pelayanan diberikan. Kecamatan melakukan inovasi-inovasi bagaimana pelayanan sampai ke masyarakat di tujuh wilayah kelurahan secara efektif dan efisien.

Dalam lomba evaluasi kecamatan tersebut, antara lain kriteria penilaian mengapa Kecamatan Payung Sekaki memperoleh terbaik, tidak lain bagaimana jangkaun pelayanan pemerintah itu sendiri kepada masyarakat, tingginya keberhasilan pembangunan dan memberikan pengayoman kepada masyarakat.

Sentuhan yang diberikan ASN atau PNS kecamatan dengan motto "Tiga S (sekali sapa senyum)" Dengan sentuhan-sentuhan pelayanan seperti ini lah masyarakat merasa mudah dan nyaman saat pelayanan di kecamatan ini. Penilian itupun atas dasar keinginan Walikota meningkatkan kualitas pelayanan di Pekanbarus secara merata (tidak ada ego sektoral dan semacamnya).

Seperti diketahui, di Pekanbaru ini UPTD Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil (Distarduk Capil) berada satu atap dengan kecamatan. Secara hirarkis sebenarnya tidak ada kaitan langsung antara UPTD Distraduk dengan kecamatan, namun camat harus memberikan kemudahan-kemudahan pelayanan menyangkut soal kependudukan di wilayahnya.

Bangun Infrastruktur

Pemko Pekanbaru juga tidak kalan memberikan perhatan kepada Kecamatan Payung Sekaki ini dengan menjalankan berbagai program di wilayah kecamatan ini.

Beberapa infrastruktur jalan dan pendidikan di bangun di wilayah ini, termasuk pekerjaan langsung melibatkan masyarakat dengan topangan dana bantuan pemerintahan pusat dan Pemko seperti program PMBRW dan OMS yang manfaatnya juga sudah dirasakan masyarakat.

"Walaupun secara nominal anggaran APBD Pemko untuk kecamatan ini relatif lebih kecil dibanding sejumlah  kecamatan, karena faktor luas wilayah, namun geliat pembangunan tidak kalah cepat," katanya.

Kecamatan Payung Sekaki Siap Tingkatkan Pelayanan
Seluruh staf Kec Payung Sekaki, siap laksanakan pelayanan terbaik pada masyarakat

Tahun 2018 ini, jalan Siak II diperbaiki dan dibangun, dan 2019 mendatang jembatan juga akan dibangun sebagai alternati jembatan Siak II yang telah ada sekarang. Zarman mengatakan, kecamatannya juga bukan hanya ingin menjadi terdepan semata dari pelayanan publik. Pelayanan publik di sini katanya bukan dalam arti sempit.

Dengan visi dan misi Pemko Pekanbaru mewujudkan Pekanbaru Smart City, justru yang paling nyata juga ada di wilayah Kecamatan ini, seperti dibangunnya Sekolah Menengah Khusus (SMK) Tekhnologi. Dari sisi madani, jelas saat ini Kecamatan melalui kelurahan yang ada juga terus membina masjid pripurna.

Disadari katanya, bahwa pengembangan wilayah (WP), di Wilayah Kecamatan Payung Sekaki merupakan kawasan pendidikan. "Pendidikan inilah yang akan membentuk SDM yang cerdas (smart) dan madani (religius)," kata Camat.  (Adv-Kec Payung Sekaki/Diskominfo)

Senin, 11/12/2017 - 07:30:58 WIB
Dimulai Hari Ini,
Ini Tempat-tempat Pelaksanaan MTQ Provinsi Riau ke-36 di Dumai
Minggu, 10/12/2017 - 22:45:58 WIB
Gubri Buka MTQ ke-36 Riau, Gubri: Maknai MTQ untuk Selalu Pedamonai Alquran
Minggu, 10/12/2017 - 17:30:40 WIB
Pawai Ta'ruf MTQ Provinsi Riau ke 36,
Tampil Memukau, Bupati Bengkalis Serahkan Tanjak “Tebing Runtuh” ke Gubri
Minggu, 10/12/2017 - 17:00:58 WIB
MTQ Ke-36 Tingkat Provinsi,
Kafilah Pawai Ta'aruf Meranti Tampil Memukau
Minggu, 10/12/2017 - 17:00:58 WIB
MTQ Ke-36 Tingkat Provinsi,
Kafilah Pawai Ta'aruf Meranti Tampil Memukau
Minggu, 10/12/2017 - 13:56:34 WIB
Pulang Dari Bali,
LAM Riau dan Berbagai Ormas Sambut Abdul Somad di Bandara SSK II Pekanbaru
Minggu, 10/12/2017 - 13:36:47 WIB
Waketum MUI Sesalkan Kejadian yang Menimpa Ustaz Abdul Somad
Minggu, 10/12/2017 - 12:20:58 WIB
Kepala dan 2 Anggota Pol PP Kampar Kena OTT Ditahan Polda Riau
Minggu, 10/12/2017 - 12:00:58 WIB
Novanto Tunjuk Aziz Ketua DPR, Wasekjen Golkar: Harusnya Lewat Pleno
 
 
 
Home | Daerah | Nasional | Internasional | Hukrim | Gaya Hidup | Politik | Sport | Pendidikan | Metropolis | Sosial Budaya | Kesehatan | Ekbis
Religi | Kupas Berita |Tokoh | Profil | Opini | Perda | DPRD Kota Pekanbaru | Pemilu 2014 | Indeks
Pedoman Media Siber | Redaksi
Copyright 2012-2017 SULUH RIAU , All Rights Reserved