Sabtu, 14 Desember 2019
Hutan Kota Pasir Pengaraian Rohul Diresmikan | 9 Wantimpres Resmi Dilantik Jokowi, Wiranto Jadi Ketua | Mantan Kadis Pariwisata Riau Meninggal Dunia di Bandung | Asisten III Meranti Serahkan KIA ke Sejumlah Anak TK | Polres Rohul Gelar Rakor Persiapan Keamanan Natal dan Tahun Baru | Ini 8 Perempuan Riau Terima Anugerah Baiduri
 
Metropolis
Advertorial Pemko Pekanbaru
Hari Jadi Pekanbaru ke-235 Bukan Sekedar Seremoni, Sudah Banyak Pencapaian Pembangunan

Metropolis - - Selasa, 25/06/2019 - 07:11:24 WIB

SULUHRIAU, Pekanbaru- Juni tahun 2019 ini Pekanbaru genap berusian 235 tahun. Berbagai kegiatan dilakukan menyemarakkan HUT Pekanbaru. Namun, kegiatan peringatan hari jadi Pekanbaru yang digelar setiap tahun bukan sekedar sermoni agar tampak semarak dan meriah. Melainkan lebih jauh dari itu.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi diwawancara sempena HUT Pekanbaru mengatakan, berbagai kegiatan digelar seperti "Pekanbaru Internasional Dragon Boat", "Aksi Bersih Sungai Siak" Lomba bernbagai kegiatan melibatkan masyarakat, seperti lari 10 K, lomba Vlog dikoordinir GenPi dan banyak lagi lomba di tingkat kecamatan melibat masyarakat, itu semua sebagai bentuk Pemko Pekanbaru melibat masyarakat untuk merayakan dan merasakan pembangunan kota selama kepemimpinan Firdaus-Ayat yang sudah memimpin Kota dua periode.

* Aksi Bersih Sungai Siak


Seperti aksi bersih sungai Siak misalnya, yang langsung dipimpin  Walikota Firdaus, MT.

Kegiatan ini dilaksanakan Pemko Pekanbaru melalui kerjasama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pekanbaru (DLHK-DKP) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini, yang mulai dari Masjid  Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru hingga Rumah Singgah Tuan Kadi itu penting dilakukan arena Sungai Siak adalah sungai yang memiliki fungsi strategis bagi Pekanbaru.

Image result for walikota Pekanbaru firdaus pimpin Aksi bersih sungai Siak
Walikota Pekanbaru Firdaus, pimpin aksi bersih Sungai Siak

Dan saat ini Sungai Siak merupakan sungai yang paling dalam di Indonesia, di DAS (Daerah Aliran Sungai) Siak mulai kritis, kawasan rawan bencana banjir dan longsor, erosi, dan pendangkalan, serta terjadi berbagai macam pencemaran.

Kegiatan ini disambut antusias masyarakat dan diikuti  Forkopimda Pekanbaru, Kepala dinas, badan Pekanbaru, Balai Wilayah Sungai III, BKSDA, BPBD, Basarnas, Kodim 0301 Pekanbaru, Koramil 03/Senapelan, Polresta Pekanbaru, Polsek Senapelan, tokoh ulama, tokoh masyarakat, tokoh peduli lingkungan, dan ini acara ini dibuka oleh Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi.

Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi mengatakan, salah satu yang mencemari Sungai Siak adalah sampah (organik dan non organik) serta tumbuhan air (gulma) seperti eceng gondok. "Untuk itu perlu dilakukan sebuah aksi yang melibatkan semua pihak dalam aksi bersih ini, "kata Sekda.

Aksi bersih sungai Siak ini bukan hanya seremonial belaka, namun diharapkan melalui aksi yang telah dilakukan dapat menjadi stimulan bagi masyarakat Pekanbaru khususnya di sepanjang tepian Sungai Siak agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menimbulkan budaya bersih sungai Siak.

* Melibatkan Langsung Masyarat

Sesungguhnya tambah Ayat yang juga politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memaknai peringatan ini tidak semata dengan berbagai kegiatan yang mungkin sebagian masyarakat menganggap 'seremoni', namun lebih jauh dari itu. Kegiatan diadakan didukung berbagai pihak menyemarakkan hari jadi itu bagian menginkut sertakan masyarakat menikmati pembangunan ini," katanya.
 
Ia menyampaikan beberapa keberhasilan Pekanbaru dengan visi dan misi "Mewujdukan Pekanbaru sebagai Smart City Madani" terutama keberhasilan hingga HUT ke 235, Pelayanan Pekanbaru melalui Mall Pelayanan Pekanbaru (MMP) dengan menggunakan sistim modern, hal ini suatu keberhasilan. Ini dibuktikan juga, banyak daerah lain datang ke Pekanbaru ingin mempelajari sistim pelayanan diterapkan di MPP tersebut. "Inikan kemajuan," katanya.


Image result for Pekanbaru international dragon
Kegiatan Pekanbaru Internasional Dragon Boat semarrakan hari jadi 235

Ditambahkan, hingga HUT ke 235 pula, Pekanbaru ini juga sudah menjelma menjadi Kota Investasi. Kemudian keberhasilan di bidang pembangunan infrastruktur, seperti dengan hadirnya kantor pemerintah Kota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya yang sudah mulai ditempati tahun ini dan membaiknya pelayanan persampahan. "Itu semua wujud dari upaya Pemko membangun untuk masyarakat," katanya.

Selain itu, mengenai pendapatan anggaran belanja daerah (APBD), Pemko juga terus upaya menstabilkan target penerimaan dan berupaya meningkatkannya. Namun, Ayat juga tidak menutup mata, soal permsalahan banjir akhir-akhir ini di Pekanbaru. Menurutnya, permsalahan ini tidak cukup penanganannya hanya dengan Pemko Pekanbaru saja.

Pekanbaru sebagai ibu Kota provinsi Riau tentunya tidak terlepas dari perhatian dan bantuan serta kerjasama Pemerintah Provinsi Riau terutama dalam penanggulangan banjir tersebut. "Perlu juga peran Pemrov Riau dan pihak terkait lainnya. Gawenya kita untuk penanganan banjir seperti normalisasi anak sungai, pembersihan drainase dan bahkan memperbaikinya sudah dilakukan dan ini terus dilakukan," katanya.

Hal ini pun juga dikatakan Sekko Pekanbaru HM Noer MB, menurutnya Pemko dalam mencari penyelesaian banjir ini akan duduk bersama dengan Gubenur Riau (Gubri). Saat ini sedang diupayakan mengagendakan untuk mencari waktu pertemuan dengan Gubri dan pihak terkait Pemrov Riau.

Ia menambahkan, banyak yang terkait dengan penanganan banjir ini, terutama di wilayah-wilayah perbatasan anak sungai atau parit-parit besar pembuangan air, secara regulasi tidak hanya tanggungjawab Pekanbaru saja.

* Rapat Paripurna Hari Jadi

Setiap tahun memperingat hari jadi Pekanbaru, selain paginya upacara dilakukan Pemko Pekanbaru, di DPRD digelar paripurna, dihadiri Walikota Firdaus, MT dan tahun ini dihadiri Wakil Walikota Ayat Cahyadi, unsur Forkopinda Pekanbaru, tokoh agama, LAM, tokoh masyarakat, Perguruan tinggi, manta-mantan Walikota dan mantan Ketua DPRD, pejabat Pemko dan undangan lainnya serta masyarakat.

Melalui rapat paripurna ini menjadi forum resmi bagi Pemko untuk menyampaikan pencapaian hasil pembangunan secara langsung kepada masyarakat. Dalam paripurna hari jadi Pekanbaru 235 tahun ini, Wakil Walikota Ayat Cahyadi memaparkan pencapaian pembangunan Pemko di hadapan para yang hadir dalam rapat paripurna tersebut. 

Asisten I Bidang Pemerintah Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie yang hadir cara ini menyampakan, sejalan Visi Riau 2020 yakni Riau sebagai pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara hal ini juga sejalan dengan terwujudnya Kota Pekanbaru sebagai pusat ekonomi maka Pemerintah Provinsi Riau selalu mendukung dalam pencapaian tujuan Visi dan Misi pembangunan kota Pekanbaru, yakni dalam bentuk kerjasama yang solid sehingga pencapaian tersebut dapat terlaksana dengan baik.


Suasana Paripurna DPRD tentang hari jadi Pekanbaru ke 235

Wakil DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono ST memimpin paripurna mengatakan, di momen HUT Kota Pekanbaru ini masih banyak capaian yang kita inginkan untuk Pekanbaru lebih baik. Salah satu persoalan yang harus kita evaluasi setiap tahunnya yakni persoalan banjir, harus duduk bersama semua pihak untuk mencarikan solusi.

Karena kata Sigit, persoalan banjir tidak bisa diserahkan semata tanggungjawabnya kepada Walikota Pekanbaru, tapi juga perlu peran pihak terkait lainnya termasuk pihak lurah, camat dan instansi terkait. "Kita minta setiap kelurahan membuat masterplan masalah banjir, mana yang kawasan kota mana yang kawasan provinsi, mana yang punya kawasan pusat tujuannya agar persoalan banjir jelas penanganannya," pungkasnya.

Ayat menambahkan, setiap tahun, Kota Pekanbaru berkembang pesat, pemerintah dan masyarakat saling membahu mewujudkan visi dan misi yang cetuskan, sehingga dengan bertambah usia Pekanbaru makin maju dan berkembang sebagaimana diharapkan. [Advertorial Pemko Pekanbaru-Hms/*]

 
 
 
Home | Daerah | Nasional | Internasional | Hukrim | Gaya Hidup | Politik | Sport | Pendidikan | Metropolis | Sosial Budaya | Kesehatan | Ekbis
Religi | Kupas Berita |Tokoh | Profil | Opini | Perda | DPRD Kota Pekanbaru | Pemilu 2014 | Indeks
Pedoman Media Siber | Redaksi
Copyright 2012-2017 SULUH RIAU , All Rights Reserved