Sabtu, 27 April 2024
1.500 CJH Riau Ikuti Launching Senam Haji dan Launching Batik Haji | Sambut Tokoh-tokoh Kampar di Pekanbaru, Pj Bupati Dukung Bagholek Godang Masyarakat Kampar | Polsek Tambang Tangkap Pelaku Narkoba di Depan SPBU Rimbo Panjang | Mantan Bupati Inhil Indra Muchlis Adnan Meninggal Dunia, Pj Gubri Sampaikan Ucapan Duka | Kapolda Riau M Iqbal: Jangan Ada Lagi Diksi Kampung Narkoba di Pekanbaru, Sikat Habis! | Peringatan 78 Tahun TNI AU Masyarakat Riau akan Disuguhi Aneka Atraksi di Lanud Roesmin Nurjadin
 
Sosial Budaya
Polres Kampar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024

Sosial Budaya - - Sabtu, 02/03/2024 - 12:03:22 WIB

SULUHRIAU, Kampar- Polres Kampar melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lancang Kuning 2024 2024, dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan menjelang hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, Sabtu pagi (2/3/2024) pagi di Lapangan Mapolres Kampar.

Apel dipimpin Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja diwakili oleh Waka Polres Kampar Kompol Andi Cakra Putra , dengan Perwira Apel Kasat Lantas AKP Akp Viola Dwi Anggreni, dan Komandan Apel Iptu Khamri Gufron

Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 di Polres Kampar ini dihadiri Bupati Kampar yang diwakili Kepala BPBD Kampar yang diwakili oleh Kepala Badan Kedaruatan Bidang Logisti Candra, Dandim 0313/ KPR diwakili dandramil 01 Bangkinang Mayor Inf. Masrah, Kepala Kejaksaan Negeri Kampar yang di wakili oleh Dikri, Kasat Pol PP Arizon, Kadis PUPR Angga,Kadis Dishud  Reperizal, perwakilian Jasa raharja Siti Isrikiah , Pejabat Utama Polres Kampar dan seluruh Perwira Polres Kampar.

Untuk Peserta Apel terdiri dari Personel Gabungan Polres Kampar dari Semua Satuan Fungsi, Personel TNI dari Kodim 0313/ KPR, Personel Dishub Kampar, Personel Satpol PP Kampar, Dishub Kampar,  Personel BPBD Kampar, Komunitas Motor, Mahasiswa, dan Pelajar SD, SMP SMA Kab.Kampar.

Rangkaian Apel diawali dengan Pemasangan Pita Tanda Operasi kepada Perwakilan Personel dan Pemasangan Pin Keselamatan oleh Pimpinan Apel.

Kapolres Kampar yang diwakili oleh Waka Polres Kampar Kompol Andi Cakra Putra selaku Pimpinan Apel, pada kesempatan ini membacakan amanat tertulis Kapolda Riau pada Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Lancang Kuning 2024, berikut petikannya :

Apel gelar pasukan operasi keselamatan lancang kuning 2024 dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024 serta untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.
 
Adapun operasi kepolisian kewilayahan “Keselamatan Lancang Kuning-2024” yang akan dilaksanakan selama Empat Belas hari dimulai dari tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024 yang dilaksanakan secara simpatik dengan mengutamakan tindakan Preemtif, Preventif dan Gakkum secara humanis dengan mengedepankan polisi lalu lintas diharapkan dapat mewujudkan kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat di Provinsi Riau.
 
Permasalahan lalu lintas merupakan masalah yang sangat kompleks dengan dinamikanya yang beragam terkait dengan tingginya angka pelanggaran lalu lintas, kecelakaan lalu lintas dan kemacetan sebagai dampak tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan pertumbuhan infrastruktur dan yang menjadi perhatian utama adalah masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas.
 
Berdasarkan data dari direktorat lalu lintas Polda Riau bahwa tahun 2023 data kecelakaan lalulintas di Provinsi Riau sebanyak 1.570 kasus, dengan korban meninggal dunia sebanyak 563 orang, luka berat sebanyak 377 orang, luka ringan sebanyak 1.837 orang dan kerugian materi sebanyak Rp 8.471.650.000.
 
Dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut kita tidak bisa berdiam diri, bahkan kita wajib melakukan berbagai upaya untuk menciptakan sinergi antar pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas.
 
Dalam peraturan Presiden no 1 tahun 2022 tentang rencana umum nasional keselamatan lalulintas dan angkutan jalan tahun 2021 hingga tahun 2040 terdapat program nasional keselamatan lalulintas dan angkutan jalan yang terdiri dari lima pilar yaitu :
 
1). Sistem yang berkeselamatan
2). Jalan yang berkeselamatan
3). Kendaraan yang berkeselamatan
4). Pengguna jalan yang berkeselamatan
5). Penanganan korban kecelakaan.

Kelima pilar ini harus bersinergi dalam mewujudkan indonesia yang berkeselamatan di jalan raya
 
Polri saat ini khususnya polantas sedang berupaya bagaimana mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas dengan melakukan berbagai kegiatan diantaranya melakukan kajian-kajian lalu lintas terutama dalam menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan serta pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat umum maupun masyarakat terorganisir.
 
Salah satu upaya yang dilakukan adalah hari ini melaksanakan pencanangan aksi keselamatan jalan secara serentak yang digabungkan dengan apel gelar pasukan operasi keselamatan yang dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat terorganisir maupun tidak terorganisir. Kegiatan pencanangan aksi keselamatan jalan yang didalamnya berisi pengucapan ikrar bersama mewujudkan keselamatan jalan adalah bertujuan mengkampanyekan aksi keselamatan jalan.  

Ia berharap semua yang hadir dalam kegiatan hari ini , menjadi duta  pelopor atau pionir keselamatan dalam berlalulintas. Sampaikan kepada para keluarga, sahabat, dan komunitas yang lain akan pentingnya budaya tertib berlalulintas, karena dalam menggunakan kendaraan bermotor tidak cukup hanya dengan terampil saja, tetapi juga dibutuhkan etika berlalulintas yang baik dan benar, adanya kepedulian, empati dan toleransi saat berkendara.

"Saya berharap dengan dilaksanakan operasi keselamatan lancang kuning 2024 yang digabung dengan pencanangan aksi keselamatan jalan ada dampak yang signifikan kepatuhan masyarakat terhadap disiplin dalam berlalu lintas sehingga pada akhirnya akan terwujud zero traffic accident," katanya.
 
Beberapa hal penekanan dan arahan dari saya sebagai pedoman dalam pelaksanaan operasi keselamatan lancang kuning-2024 antara lain yaitu :
 
1). Selalu bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa;
 
2). Jaga keselamatan anda dalam pelaksanaan tugas;
 
3). Peningkatan disiplin anggota polantas dan terwujudnya pelayanan polantas yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme;
 
4). Terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.
 
5). Hindari kegiatan atau aktifitas yang kontra produktif, jangan menjadi pemicu keributan/berita negatif.
 
6). Kepada undangan klub-klub komunitas dapat menjadi duta-duta keselamatan berlalu lintas sehingga lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar dapat terwujud. (hpk)





 
 
 
Home | Daerah | Nasional | Internasional | Hukrim | Gaya Hidup | Politik | Sport | Pendidikan | Metropolis | Sosial Budaya | Kesehatan | Ekbis
Religi | Kupas Berita |Tokoh | Profil | Opini | Perda | DPRD Kota Pekanbaru | Tanjung Pinang-Kepri | Indeks
Pedoman Media Siber | Kode Etik Internal Perusahaan Pers |Redaksi
Copyright 2012-2021 SULUH RIAU , All Rights Reserved