Senin, 26 Juli 2021
Agung Nugroho Terpilih Aklamasi Nahkodai IMI Riau Periode Ketiga | Terapkan PPKM Level 4, Lima Pintu Masuk Kota Pekanbaru Disekat Hingga 8 Agustus | Presiden Jokowi Putuskan Lanjutkan Penerapan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021 | Sempat Padam, Karhutla di Kubu Rohil Muncul Lagi, Petugas Kembali Lakukan Pemadaman | Wabup H. Sulaiman: Jangan Sekedar Organisasi, LAMR Rohil Harus Tunjukkan Jati Diri | Anggota DPRD Pelalawa Dapil II Reaes di Kecamatan Teluk Meranti
 
Kampar
Advertorial DPRD Kampar
Paripurna Istimewa DPRD HUT Kab. Kampar ke-71 Digelar Sederhana:"Mari Basamo Membangun Nagohi"

Kampar - - Sabtu, 06/02/2021 - 16:14:44 WIB

SULUHRIAU, Kampar- DPRD Kabupaten Kampar menggelar rapat paripurna hari Jadi Pekanbaru ke-71 tahun dengan sederhana, Sabtu, (6/2/2021).

Acara dihadiri Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, unsur Forkopinda, anggota DPR RI asal Riau, anggota DPD Riau dapil Kampar, Tokoh adat, ninik mamak Kabupaten Kampar, pihak perguruan, tinggi, tokoh partai dan undangan lainnya.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, didampingi Wakil Ketua Repol, Toni Hidayat dan Fahmil, serta dihadiri anggota DPRD Kampar.

Rapat digelar dengan sederhana di ruang paripurna DPRD, karena dalam masa pandemi covid-19. Undangan dibatasi dari tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan tahun ini, paripurna istimewa juga digelar secara online dengan zoom meeting yang diikuti pegawai Kabupaten sebagai upaya mengantisipasi penyebaran covid-19.

Namun, kesederhanaan ini tidak mengurangi makna dari peringatan hari jadi, yang diharapkan dari tahun ketahun maju. Pembangunan Kabupaten Kampar sejajar dengan kabupaten kota di lain.


Ketua DPRD Kampar, M Faisal, ST dapt tumpeng HUT Kampar ke 71 dari Bupati Kampar, Catur Sugeng  usai paripurna di Aula Gedung DPRD Kampar


Pesan dengan makna itulah yang disampaikan di HUT Kampar ke 71 dengan mengambil Tema, "Basamo Mambangun Naghi".

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kampar M Faisal menyebutkan, pembangunan kabupaten ini, tidak lepas dari sinergitas dari setiap lembaga, yang terus berusaha keras untuk membuat daerah 'sari madu' maju mengejar ketertinggalan dan sejajar dengan daerah lain, sehingga menjadi seperti sekarang.

Diusia ke 71, ibarat manusia, sudah tua. Namun, bukan menghalangi untuk terus berbenah dan maju.

"Ini semua tidak luput dari kerja keras seluruh lapisan masyarakat kerjasmaa yang baik eksekutif, legislatif yudikatif yang secara bersama-sama dan bergandeng tangan dalam mencapai visi Kabupaten Kampar," kata Faisal.

Mungkin gambar dalam ruangan

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam pidatonya mengatakan, di tengah badai Covid HUT Kabupaten Kampar ini tetap digelar.

Ia menyampaikan, Pemkab Kampar terus berupaya bagaimana daerah ini maju dan  mensejahterakan masyarakat. Di tengah pandemi Covid-19 mendera seperti saat ini tantangan semakin besar. Namun, bukan berarti pemerintah Kampar menyerah.

Dikatakan, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di masa covid-19, mengalami Refocusing untuk covid-19 di Kampar capai Rp500 miliar.

Ia juga menjelaskan, Kabupaten Kampar juga juga meraih penilaian wajar tampa pengecualian (WTP) dari Badan pemeriksaan Keuangan (BPK). Kendati terjadi rasionalisasi dan refocusing anggaran, tahun ini Pemkab Kampar tidak ada gagal bayar.

"Kita tetap bisa bertahan dengan posisi tegak, alhamdulillah, tunda bayar kegiatan tahun ini juga tidak terjadi. Maka ini akan terus kita perjuangkan sama-sama sehingga kita tetap tegak sama tinggi dan duduk sama rendah dengan daerah lain," katanya.

Program Ambulance Desa

Ia menambahkan, Pemkab Kampar melalui kepemimpinan awalnya bersama Aziz Zainal-Catur Sugeng concern dengan pelayanan kesehatan masyarakat dengan merealisasikan antara lain program bantuan ambulance desa.

Sejak 2017 hingga sekarang 140 unit mobil ambulance sudah diserahkan ke desa, ditambah delapan ambulan air dengan menyerap anggaran Rp16 miliar.

Dari sisi penanganan Covid-19 katanya, juga disediakan tempat penampungan pasien terjangkiti Covid-19, meyediakan fasilitas rumah sakit, disinfektan, masker dan lainnya.

Kemudian program antasipasi stunting. Di sektor ini, Kampat dinilai berhasil mengatasi stunting, ditandai dengan penghargaan peringkat peringkat 1 tingkat Provinsi Riau.

Sektor Pariwisata  juga terus meningkat, dengan mengembangkan kawasan wisata, baik alam maupun buatan dan yang bersifat budaya atau tradisi masyarakat. Sehingga salah satu kawasan wisata yakni Kebun Lili di kampar kiri, masuk ajang pesona pariwisata.


Mungkin gambar dalam ruangan dan teks yang menyatakan 'RAPAT PARIPURNA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN KAMPAR DENGAN AGENDA MEMPERINGATI HARI JADI KABUPATEN KAMPAR Kር LXXL TAHUN 2021 KAMDAD PEUARI 2021'
Di Kampar ada juga sejumlah 11 warisan kategori tidak benda, antara lain, Maghawo Danau (mencari ikan di Danau) Bokuok. "Saat ini dari Destinasi wisata yang ada uang yang beredar tahun 2020 sekitar Rp38 miliar," katanya.

Ia juga menjelaskan, Kabupaten Kampar juga juga meraih penilaian wajar tampa pengecualian (WTP) dari Badan pemeriksaan Keuangan (BPK)

Infrastruktur


Lebih lanjut Sugeng mengatakan, untuk peningkatan nilai ekonomis masyarakat dan memudah aksebilitas masyarakat, di wilayah Kabupaten Kampar juga dibangun jalan tol yang masuk program trans Sumatera. Antara lain
97 KM Bangkinang-Pekambaru, dan bangkinang-Pangkalan. Di wilayah Kampar terdapat 4 exit tol, dan juga dapat rest area, tahun 2021 ruas jalan ini ditarget bisa diremsikan. Kemudian jalan tol Pekanbaru-Rengat juga melewati 61 KM wilayah Kampar.

"Pemkab Kampar juga sudah membangun dan meningkatkan jalan sepejang 107 KM, ditambah 11 unit jembatan. saat ini pelebaran jalan Pekanbaru-Bangkinang 34 Km sedang dilaksankan. Jembatan gantung juga akan dibangun di pelosok desa," katnya.

Kampar secara sinergi dengan APBN, APBD Pemrov dan APBD Kampar juga  sudah membangun 241.000 rumah layak huni (RLH) dan bedah rumah terdiri dari 136 unit rumah layak huni dari APBD Kampar, 67 APBN, program PSPS 1.400 unit. Program listrik dan sertifikat tanah PTSL juga digesah.

"Pun demikian kami menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam pembangunan ini. Sesuai dengan motto HUT Kampar ke 71, basamo mambangun Nagohgi, saya harap semua elemen masyarakat untuk selalu bersinergi dalam memaju daearah yang kita cintai ini," harapnya.

Sungguh-sungguh Membangun

Sementara itu, dalam pidatonya, Wagubri Edy Natar Natar Nasution menyampaikan, sejak berdiri Kampar hingga saat ini pembangunan terus dijalankan.

Wagubri meminta kepada seluruh pemerintah daerah (Pemda) khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar untuk tetap terus bersungguh-sungguh dalam membangun daerah. Ini harus dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wagubri menyampaikan, tanpa kebersamaan tokoh masyarakat, pemuka masyarakat, ninik mamak, cerdik pandai, alim ulama, dunia usaha, kelompok profesional, generasi muda termasuk insan pers yang ada di Riau, tentu upaya yang dijalankan tidaklah akan berhasil dan bermanfaat secara maksimal.

Untuk itu, ia juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk merapatkan barisan menyatukan tekad dalam semangat kerja sama dan persaudaraan demi mewujudkan kejayaan Kabupaten Kampar khususnya dan Provinsi Riau pada umumnya agar maju gemilang. “Mari kita rapatkan barisan demi mewujudkan kejayaan maju dan gemilang,” katanya.

HUT ke-71 Kabupaten Kampar4
Foto bersama Wagubri, Ketua DPRD Kampar dan Bupati Kampar usai paripurna HUT ke 71

Pada kesempatan tersebut, Wagubti juga mengingatkan, seiring dengan masih tingginya kasus Covid-19 di Riau, pemerintah masih berjuang terus menghadapi pandemi.

Meskipun telah berkurang sedikit untuk di Provinsi Riau karena ada kecenderungan tingkat penurunan. Namun ia meminta pemerintah Kabupaten/Kota untuk terus waspada.

Wagubri berharap kepada kabupaten/kota tetap membantu pemerintah pusat dengan membantu sosialisasi pencegahan pandemi wabah covid-19 di masyarakat dan mendukung upaya pemerintah dalam mencegah dan memberantas wabah covid-19 melalui pemberian vaksin gratis kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Upaya pemberian vaksin ini sebagai langkah strategis pemerintah dalam pemberantasan wabah pandemi covid-19 saat ini dan juga menggerakan aktivitas ekonomi masyarakat secara normal,” pungkasnya. (Adv,DPRD Kampar/SR)




 
 
 
Home | Daerah | Nasional | Internasional | Hukrim | Gaya Hidup | Politik | Sport | Pendidikan | Metropolis | Sosial Budaya | Kesehatan | Ekbis
Religi | Kupas Berita |Tokoh | Profil | Opini | Perda | DPRD Kota Pekanbaru | Tanjung Pinang-Kepri | Indeks
Pedoman Media Siber | Redaksi
Copyright 2012-2020 SULUH RIAU , All Rights Reserved