Sabtu, 23 Oktober 2021
Adi Putra Terpilih Jadi Ketua PWI Bengkalis | Direktur BSI HLT Sosialisasi Bank Sampah di Kecamatan Bukitraya | PWI-SKK Migas Sosialisasi LKTJ Migas dan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Zulmansyah Ucap Terima Kasi | Petugas Damkar Pekanbaru Evakuasi Ular Sanca di Plafon Kamar Mandi Warga Jalan Bahana | FWKLA Pekanbaru Periode 2021-2023 akan Dikukuhkan Wako Firdaus November Bulan Depan | Peletakan Batu Pertama Oleh Camat dan Lurah, RLH di Jalan Budi Luhur Kulim Mulai Dibangun
 
Pekanbaru
Dorong UMKM Berkembang di Era Digital, DPMPTSP Pekanbaru Bantu Promosi Melalui Program "Geliat UMKM"

Pekanbaru - - Kamis, 16/09/2021 - 08:30:05 WIB

SULUHRIAU, Pekanbaru- Kota Pekanbaru memiliki potensi berbagai bidang sektor usaha untuk tumbung dan berkembang. Bukan hanya industri besar dan menengah, tetapi tak kalah memiliki potensi adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Berbagai bidang UMKM sudah tumbuh di Pekanbaru baik sudah mulai maju maupun masih dalam rintisan. Pelaku UMKM yang masih baru atau dalam rintisan membutuhkan kerja keras untuk bisa berkembang pesat.

Mungkin gambar 1 orang, duduk, kerudung dan dalam ruangan
Kabid Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi
Penanaman Modal, DPMPTSP Pekanbaru Dessy Triana, M.Si

Disadari untuk berkembang cepat sebuah UMKM menghadapi berbagai kendala, mulai dari kendala modal hingga pemasaran produknya. Sementara di sisi lain, UMKM adalah salah satu solusi bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi mereka, apalagi di tengah pandemi covid-19.

Menjawab tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berusaha membantu pelaku UMKM bagaimana usaha mereka bisa berkembang, maju dan besar untuk menopang ekonomi.

Pemko Pekanbaru melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pekanbaru berusaha membantu pelaku UMKM untuk mempromosi bisnis (probis) produknya.

Memanfaatkan era digital seperti saat ini, DPMPTSP melalui Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal menghadirkan program baru untuk membantu promosidan pemasaran produk usaha UMKM yakni "Geliat UMKM".

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, DPMPTSP Dessy Triana, SE, M.Si mengatakan, melalui program "Geliat UMKM" itu, dibuatkan promosi usaha melalui konten video promosi untuk UMKM di Pekanbaru.

Untuk kelancaran program ini, DPMPTSP membentuk Tim Media Sosial dengan sumber daya manusia (SDM) yang handal di bidangnya yang ada di DPMPSTP.

"Ini sebagai wadah promosi UMKM dengan menggunakan media sosial Youtube, Instagram dan Facebook resmi DPMPTSP Kota Pekanbaru," jelas Dessy.

Program "Geliat UMKM" ini sudah memasuki episode ke 25. Diamana program ini sudah berjalan dari bulan Juni tahun 2020 hingga Agustus 2021.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang duduk, kerudung dan dalam ruangan

Program ini memfasilitasi pelaku usaha UMKM untuk mempromosikan produknya dalam bentuk proses produksi, keunggulan produk dan pemasaran, dengan durasi maksimal 7 menit.

Dessy menjelaskan, dalam satu bulan terdapat dua pelaku usaha yang di promosikan oleh "Geliat UMKM" dengan mengambil segmen yang berbeda setiap tayang, mulai dari kuliner, fesyen, kriya sampai aplikasi.

Untuk kriteria pelaku UMKM yang diliput, yakni telah memiliki izin usaha sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP UMKM), dan izin yang dikeluarkan oleh DPMPTSP.

Oleh sebab itu, Pemko Pekanbaru melalui DPMPTSP di Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal memberikan reward kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui program "Geliat UMKM".

"Istilahnya jemput bola, pada prinsipnya Pemerintah merupakan pelayanan bagi masyarakat,” ujar Dessy.

Teknis pelaksanaannya, Tim koordinator "Geliat UMKM" memilih dan menentukan beberapa UMKM berdasarkan data perizinan yang ada di DPMPTSP.

Tahapan pertama menghubungi pelaku usaha terkait kesiapan proses promosi, tahapan kedua dilanjutkan dengan survey dan observasi terkait jadwal dan konsep yang akan diangkat dari usaha tersebut, tahapan ketiga melakukan liputan video dan wawancara, di dalam proses pengambilan video dan wawancara pelaku usaha mendeskripsikan produk, proses produksi, keunggulan produk, pemasaran dan alamat outlet/ gallery.

Diapresiasi Pelaku UMKM

Sementara itu, hadirnya Program "Geliat UMKM" ini mendapat apresiasi dari para pelaku usaha UMKM.

Salah seorang pelaku UMKM, Fitri (40), mengucapkan terimakasih kepada DPMPTSP Kota Pekanbaru yang telah membantu mempromosikan usahanya. "Sejauh ini  kami belum pernah mendapat sarana promosi dari pemerintah untuk produk UMKM, di DPMPTSP lah baru kami dipromosikan atas nama pemerintah,” kata Fitri di sela-sela proses syuting "Geliat UMKM" di Tenun Wanfitri.

Fitri berharap melalui  program "Geliat UMKM" ini, produk yang dipromosikan dapat lebih dikenal di masyarakat, omset dan pendapatan meningkat dan terjalin kemitraan dengan usaha besar (PMA/PMDN)” harap dessy.

Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan kerudung

Bagi pelaku UMKM yang yang mau dipromosikan terutama pelaku UMKM yang baru launching, wajib follow dan subscribe media sosial DPMPTSP, kemudian dm/ kontak kami melalui web dpmptsp.pekanbaru.go.id/promosi/.

Promosi Usaha Besar

Selain program promosi "Geliat UMKM",  DPMPTSP juga melayani untuk promosi usaha besar. Program ini dikenal dengan Program Bisnis atau lebih populer dengan sebutan Probis.

Probis ini bertujuan untuk mempromosikan usaha besar yang ada di Kota Pekanbaru berdasarkan SK Walikota.

Program Probis ini merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan oleh DPMPTSP Kota Pekanbaru dalam upaya untuk membantu para pelaku usaha agar dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya dengan pembuatan liputan video profil usaha oleh tim kreatif Media Sosial yang berada dibawah bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal.

Liputan video ini dilakukan secara gratis dan merupakan salah satu kegiatan unggulan dari DPMPTSP Kota Pekanbaru. Video liputan ini nantinya akan ditayangkan di kanal platform media Sosial DPMPTSP Kota Pekanbaru.

Masih menurut Dessy Triana, promosi usaha secara digital melalui tayangan video perlu gencarkan untuk membangkitkan lagi perekonomian yang ada di Pekanbaru khususnya di masa pandemi sekarang ini.

Sama dengan promosi UMKM, dalam satu bulan terdapat dua Usaha Besar yang kami dipromosikan melalui program ini.

Jenisnya beragam, mulai dari sektor industri, jasa maupun perdagangan. Sampai Bulan Agustus akun Media Sosial DPMPTSP telah menayangkan sebanyak 8 Usaha besar melalui program Probis.

Mungkin gambar 1 orang dan berdiri

Teknis pelaksanaannya, Koordinator Probis memilih dan menentukan usaha besar yang akan diliput berdasarkan data perizinan di DPMPTSP.

-Ada empat tahap yang dilalui sebelum promosi yakni;

Tahapan pertama, melakukan konfirmasi langsung kepada pemilik usaha melalui via telepon.

-Tahapan kedua, dilanjutkan dengan survei dan observasi untuk menentukan jadwal syuting dan konsep yang akan diusung.

- Tahapan ketiga, melakukan liputan video dan wawancara, dalam proses pengambilan video dan wawancara pelaku usaha, meliputi keunggulan produk, fasilitas yang disediakan, pemasaran  kelebihan dari competitor dan alamat usaha.

-Tahapan keempat, melakukan proses pengeditan oleh tim probis, terakhir video ditayangkan di Media Sosial resmi milik DPMPTSP Kota Pekanbaru.

Selain di media sosial DPMPTSP video Probis juga ditampilkan pada standing display yang ada di dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, jadi pengunjung atau pengurus izin juga bisa melihat langsung Video Promosi dari DPMPTSP.

Tidak sedikit yang meminta langsung DPMPTSP melakukan liputan, terlihat dari respon yang muncul pada komentar, DM instagram dan facebook DPMPTSP Pekanbaru.

"Kita berharap dengan adanya program ini iklim investasi di Pekanbaru bisa membaik, usaha besar dapat bangkit kembali seperti sebelum masa pandemi, terjalinnya kemitraan dengan UMKM Lokal agar perekonomian di Kota Pekanbaru bisa pulih kembali”, harap Dessy.

Bagi pelaku usaha yang mau dipromosikan terutama usaha besar yang baru launching, wajib follow dan subscribe media sosial DPMPTSP, kemudian dm/ kontak kami melalui web dpmptsp.pekanbaru.go.id/promosi/. (Adv, Kominfo/Sr)




 
 
 
Home | Daerah | Nasional | Internasional | Hukrim | Gaya Hidup | Politik | Sport | Pendidikan | Metropolis | Sosial Budaya | Kesehatan | Ekbis
Religi | Kupas Berita |Tokoh | Profil | Opini | Perda | DPRD Kota Pekanbaru | Tanjung Pinang-Kepri | Indeks
Pedoman Media Siber | Redaksi
Copyright 2012-2020 SULUH RIAU , All Rights Reserved