Sabtu, 23 Oktober 2021
Adi Putra Terpilih Jadi Ketua PWI Bengkalis | Direktur BSI HLT Sosialisasi Bank Sampah di Kecamatan Bukitraya | PWI-SKK Migas Sosialisasi LKTJ Migas dan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Zulmansyah Ucap Terima Kasi | Petugas Damkar Pekanbaru Evakuasi Ular Sanca di Plafon Kamar Mandi Warga Jalan Bahana | FWKLA Pekanbaru Periode 2021-2023 akan Dikukuhkan Wako Firdaus November Bulan Depan | Peletakan Batu Pertama Oleh Camat dan Lurah, RLH di Jalan Budi Luhur Kulim Mulai Dibangun
 
Metropolis
Pekanbaru dan Dumai Terima Trofi dan Sertifikat TPID Award 2021

Metropolis - - Kamis, 16/09/2021 - 23:08:18 WIB

SULUHRIAU, Pekanbaru- Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yang diwakili oleh Asisten Deputi Fiskal Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Dr. Gunawan Pribadi menyerahkan trofi dan sertifikat penghargaan kepada TPID Kota Pekanbaru sebagai TPID Berkinerja Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Kawasan Sumatera dan TPID Kota Dumai sebagai nominator TPID Berkinerja Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Kawasan Sumatera di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Kamis (16/9/2021).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Decymus selaku tuan rumah, menyampaikan bahwa raihan TPID Kota Pekanbaru dan TPID Kota Dumai dalam TPID Award 2021 merupakan sejarah baru.

"Untuk pertama kalinya, Kota Pekanbaru berhasil memperoleh gelar TPID Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Kawasan Sumatera pada pada ajang bergengsi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Award (TPID Award) tahun 2021 atas penilaian kinerja tahun 2020," ujarnya.

Penghargaan tersebut, tambah Decymus disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri dan Bank Indonesia dan dipimpin langsung oleh Bapak Presiden RI di Istana Negara pada Rabu, 25 Agustus 2021 lalu.

Tidak hanya Kota Pekanbaru, TPID Kota Dumai juga menjadi salah satu dari tiga nominator TPID terbaik bersama Kota Pekanbaru dan Palembang. Artinya, 2 dari 3 kota yang menjadi kota survei inflasi nasional di Riau menjadi kota dengan pengendalian inflasi terbaik di Kawasan Sumatera.

"Sinergi yang terbangun memberikan bukti nyata bahwa langkah pengendalian inflasi, terutama bahan kebutuhan pokok yang dilakukan TPID, telah berjalan optimal dalam memitigasi potensi lonjakan harga yang dapat menurunkan daya beli masyarakat, yang sudah terpukul karena pembatasan aktivitas dan mobilitas," kata Decymus.

Pencapaian prestasi TPID di Riau tidak terlepas dari berbagai aspek yang dilakukan mulai dari Proses, Output, hingga Outcome, yang menjadi komponen penilaian dalam TPID Award. Seluruh langkah perbaikan dari ketiga aspek tersebut bermuara pada terkendalinya inflasi serta volatilitas harga di Pekanbaru dan Dumai.

Dari sisi realisasi inflasi, kedua Kota tersebut berhasil menjaga inflasi pada rentang target target 3±1% dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pencapaian tersebut bersumber dari terjaganya inflasi Kelompok Bahan Makanan yang selalu menjadi penyumbang utama inflasi di Riau.

Sementara itu, dari sisi volatillitas atau gejolak harga, pergerakan inflasi dari bulan ke bulan juga lebih stabil dari tahun-tahun sebelumnya.

"Ke depan, diharapkan langkah-langkah strategis tetap dilanjutkan dalam forum TPID untuk memperkuat pengendalian inflasi dan sekaligus mempertahankan dan mendorong TPID se-Riau untuk juga meraih penghargaan pada penyelenggaraan TPID Award pada tahun berikutnya. Pertama, tetap menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga, utamanya barang kebutuhan pokok, dengan mengatasi kendala produksi dan gangguan distribusi. Kedua, pengendalian inflasi diperluas tidak hanya pada stabilisasi harga saja tapi juga pengembangan sektor-sektor ekonomi produktif," ucapnya.

"Dalam hal ini, meningkatkan produktivitas sektor pertanian dan UMKM dengan mengenalkan teknologi dan mendorong peningkatan nilai tambah produk pertanian menjadi barang jadi. Ketiga, mendorong petani dan UMKM naik kelas dengan mengenalkan pada platform digital untuk memperluas pemasaran dan memperpendek rantai distribusi," imbuh Decymus.

Selanjutnya, Asisten Deputi Fiskal Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Dr. Gunawan Pribadi menyampaikan Perkembangan Laju Inflasi hingga Agustus 2021, Efektivitas Kinerja TPIP-TPID dalam Menekan Laju Inflasi, serta Evaluasi Kinerja TPID se-Provinsi Riau. Kinerja TPID se-Riau tahun 2020 secara umum mengalami peningkatan. Hal ini tercermin dari partisipasi TPID se-Riau dalam evaluasi kinerja TPID tahun 2019 meningkat dari 92% menjadi 100%.

"Kinerja TPID se-Riau juga turut meningkat, baik TPID Provinsi, TPID Kota IHK dan TPID Kota non-IHK. Hal ini tercermin dari peningkatan seluruh aspek penilaian TPID Award (proses, output, outcome) pada TPID Provinsi, TPID Kota IHK dan TPID Kota non-IHK. Bahkan 2 dari 3 kota yang menjadi kota survei inflasi nasional di Riau menjadi kota dengan pengendalian inflasi terbaik di Kawasan Sumatra. Di sisi lain, terdapat ruang improvement untuk TPID se-Riau, yakni meningkatkan kinerja pada aspek proses," terangnya.

Gubernur Provinsi Riau Drs. H. Syamsuar, MSi yang hadir secara virtual mengucapkan selamat atas penghargaan TPID Award 2021 yang diterima oleh TPID Kota Pekanbaru sebagai TPID Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota dan TPID Dumai sebagai nominator TPID Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota.

"Penghargaan tersebut merupakan bukti nyata keberhasilan program pengendalian inflasi yang dilakukan oleh TPID Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Capaian yang diraih TPID Kota Pekanbaru dan TPID Kota Dumai diharapkan dapat menjadi contoh dan memberikan motivasi bagi TPID lainnya yang ada di Provinsi Riau, agar secara berkelanjutan terus melakukan inovasi dalam upaya pengendalian inflasi, tidak hanya untuk menjaga daya beli masyarakat namun juga kesejahteraan petani," kata Gubri.

Berpedoman pada Arahan Pesiden RI, tambahnya, Gubernur Riau mengharapkan program TPID perlu diperluas pada pengembangan sektor-sektor ekonomi produktif, peningkatan produktivitas sektor pertanian dan UMKM dengan mengenalkan teknologi pertanian, dan pengenalan platform digital kepada petani dan UMKM untuk memperluas pemasaran produknya.

"Kepada TPID Kota Pekanbaru dan Dumai diharapkan juga tetap konsisten melakukan upaya pengendalian inflasi dan mampu mempertahankan award yang telah diperoleh. Berbagai inovasi untuk menjaga ketersediaan pasokan yang seimbang dengan kebutuhan masyarakat dan memudahkan masyarakat mengakses barang-barang kebutuhannya hendaknya terus dilakukan, dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan digitalisasi," tutupnya. (mcr)



 
 
 
Home | Daerah | Nasional | Internasional | Hukrim | Gaya Hidup | Politik | Sport | Pendidikan | Metropolis | Sosial Budaya | Kesehatan | Ekbis
Religi | Kupas Berita |Tokoh | Profil | Opini | Perda | DPRD Kota Pekanbaru | Tanjung Pinang-Kepri | Indeks
Pedoman Media Siber | Redaksi
Copyright 2012-2020 SULUH RIAU , All Rights Reserved