Selasa, 17 Mei 2022
Gubri-Menteri Pelancongan Malaysia Gelar Pertemuan, Bicarakan RoRo Dumai-Malaka | Geger, Kerangka Manusia Ditemukan di Belakang SPBU di Jalan Imam Munandar Pekanbaru | Dirikan Partai Pelita, Din Syamsuddin Tegaskan Tak Niat Nyapres | Penusuk Pelatih Bola Diamankan, Muncul Spekulasi Pelaku Diduga yang Menusuk Imam Mesjid Alfalah | Harga Sawit Anjlok, Gubri Kumpulkan Asosiasi Pengusaha Sawit dan Kepala Daerah | Ansar Ahmad Ajak KKBB Bersama Membangun Kepri
 
Advertorial
10 Tahun Memimpin, Firdaus-Ayat Bawa Kota Pekanbaru Raih Multi Prestasi

Advertorial - - Rabu, 30/03/2022 - 11:26:50 WIB

SULUHRIAU, Pekanbaru- Pembangunan Kota Pekanbaru saat ini sungguh pesat. Di bawah kepemimpinan 10 tahun duet DR H Firdaus, MT-Ayat Cahyadi, SSi, kota ini bagaikan gadis cantik nan memikat.

Maka tidaklah heran, bila masyarakat luar datang ke Pekanbaru ini mendapat kesan tersendiri bagi mereka setelah melihat pesatnya pembangunan Pekanbaru.

Firdaus-Ayat membangun dengan visi selama 2012-2022 "Mewujudkan Pekanbaru sebagai Kota Metro Politan Madani" dan "Mewujudkan Pekanbaru sebagai Smart City Madani" ini.

Letak Pekanbaru di tengah-tengah Pulau Sumatera dan dekat dengan negara tetangga, dibelah Sungai Siak, kapal-kapal barang milik dari berbagai pelosok negeri singgah di Pekanbaru.

Tak ayal, Pekanbaru terus berkembang dan menjelma menjadi sebuah Kota yang ramai. Pekanbaru menjelma menjadi medan magnet investasi yang luar biasa baik dulu, sekarang dan akan datang. Secara geografis, kota Pekanbaru terletak segitiga pertumbuhan ekonomi Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Keberadaan wilayah Pekanbaru di tengah-tengah pulau Sumatera dan Provinsi Riau, tidak hanya mengantarkan Pekanbaru sebagai wajah pertumbuhan Riau yang cepat, namun juga pulau Sumatera terutama Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Maka kini Pekanbaru menjadi pionir mode pembangunan terintegrasi dengan kabupaten yang berbatasan langsung yang diberi nama Pekan Sikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan) yang merupakan wilayah perbatasan langsung pada Kota Pekanbaru.

Firdaus-Ayat membangun berbagai bidang infrastruktur seperti jalan lingkar, transportasi yang terintergrasi, pembangunan kawasan indutsri hingga rencana pembangunan aerocity yang akan menjadi bandara dengan wilayah terbesar di Riau.

Pekabaru juga masuk dalam kategori tujuan kota investasi di Indonesia, telah dikenal di seantero negeri. Apalgi, berbagai event dan agenda penting lainnya dipusatkan di Pekanbaru, karena jaminan ketertiban, kedamaian dan kenyamanan kota ini.


Walokota Firdaus bersama pejabat lain di Pemko meraih menerima penghargaan.

Dengan pembangunan berbagai bidang, baik fisik maupun non fisik yang ditangani Firdaus-Ayat membawa kota ini betul-betul berkembang pesat dan berkelas.

Firdaus-Ayat mengedepankan 6 pilar untuk menjadikan Kota Pekanbaru sebagai smart city Madani. Diantaranya, Smart Government (pemerintahan pintar), Smart Economy (ekonomi pintar), Smart Mobility (mobilitas pintar), Smart People (masyarakat pintar), Smart Living (lingkungan pintar), dan Smart Environtment (Hidup pintar). Smart Government adalah suatu sistem pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan publik secara lebih cepat, lebih baik dan lebih murah baik secara internal (birokrasi) maupun eksternal (masyarakat) melalui e-government dan e-democracy.

Langkah sukses yang telah ditorehkan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mewujudkan Pemerintahan yang cerdas dengan layanan publik yang terintegrasi, saat ini Pemerintah Kota Pekanbaru telah memiliki Mall Pelayanan Publik yang menurut penilaian Pemerintah Nasional Kementerian PAN-RB, Mall Pelayanan Publik Pekanbaru adalah Mall Pelayanan Publik terlengkap di Indonesia, yang memberikan layanan baik secara online maupun konvensional.

Satu Dekade Kepemimpinan Firdaus-Ayat, Ragam Prestasi Diukir Majukan Negeri

Langkah besar yang dilakukan Walikota Pekanbaru adalah dengan memperluas pusat pemerintahan dari Pusat ke Kota ke Kecamatan Tenayan Raya. Di atas areal seluas 100 hektare, dibangun komplek perkantoran baru yang kelak menjadi kawasan pemerintahan yang terintegrasi satu dengan yang lainnya, dan Kantor Pemko Pekanbaru sudah beraktivitas di komplek "Bandar Raya" ini sejaka tiga tahun lalu.

Smart Economy disebut sebagai roh pembangunan di Kota Pekanbaru. Memanfaatkan segala potensi yang dimiliki Kota Pekanbaru akan terwujud Kota yang berkembang pesat dan menjadi lokomotif ekonomi baru di Asia Tenggara.

Firdaus-Ayat tidak hanya membangun fisik kota saja, namun juga konsisten dalam pembangunan Sumber daya manusia, melalui pembangunan mental masyarakat, sebagai roh kota menjadi masyarakat yang madani.

Dengan konsep Smart People, masyarakat dapat memanfaatkan sarana infrastruktur yang disediakan oleh pemerintah di lingkungannya masing-masing. Dalam hal ini, masyarakat dituntut ikut berpartisipasi aktif dalam pengelolaan dan penyelenggaraan kota, serta menjadi pengguna kota yang aktif.

Berkat Tangan Dingin Firdaus-Ayat Pekanbaru Raih Multiprestasi dari  2012-2022 | RIAU24.COM

Di bidang Pendidikan, Pekanbaru memiliki banyak Kampus-kampus terkemuka dan terbaik diantaranya,  Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiah Riau, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim, Unviersitas Lancang Kuning, Universitas Abdul Rab, Politekik Caltex Riau, Persada Bunda dan perguruan tinggi negeri maupun swasta lainnya.

Prestasi Hingga Tingkat Nasional

 
Dimasa 10 tahun Firdaus-Ayat ini pula, Kota Pekanbaru memperoleh berbagai prestasi membanggakan di tingkat nasional. Dari tahun 2012 hingga 2022 ini, Pemerintah Kota Pekanbaru telah mendapatkan sebanyak 86 (Delapan Puluh Enam) penghargaan baik di tingkat provinsi hingga nasional.

Kemudian, Sebanyak 27 penghargaan yang didapatkan oleh Walikota Pekanbaru dari tahun 2012-2022 diantaranya :

1. Penghargaan Walikota Inspiratif (2016) dari SIndo Weekly,
2. Penghargaan Walikota Enterpreneur Award 2017 dari Markplus Inc.,
3. Prediket Pemimpin Visioner bagi Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST, MT. dari Pimpinan MNC Group dalam acara The Power of Collaboration di Jakarta,
4. Penghargaan Achievement of Waste Management di Bali oleh Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Kopitu)
5. Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Berkinerja Terbaik Dalam Pengembangan Kota Sebagai Tujuan Investasi
6. Penghargaan atas Dedikasi dalam Pengembangan Peran Masjid di Kota Pekanbaru
7. Walikota Pekanbaru Raih Penghargaan Pembina Pelayanan Terbaik Tingkat Nasional
8. Penghargaan Nirwasita Tantra Award
9. Piala Adicita Sewaka Pertiwi.


Selain itu, yang terbaru tahun 2021 Kota Pekanbaru mendapat sejumlah penghargaan. Walau dalam kondisi pemerintah melawan pandemi Covid-19, namun roda Pemerintah Kota Pekanbaru berjalan sangat baik.

Hal ini terbukti dari capaian dan aneka penghargaan sepanjang tahun 2021 itu. Penghargaan tersebut, seperti Kota Sangat Inovatif, Kota Digital, Kota Tangguh, Kota Berdaya Saing Sangat Tinggi dan Peringkat Tujuh dari 100 Kota Smart di Indonesia.

Kemudian, hal yang sangat membanggakan bagi warga Pekanbaru adalah Pekanbaru dinobatkan oleh pemerintah Nasional maupun dari stakeholder lingkup nasional  sebagai Kota tujuan investasi terbaik di Indonesia 8 tahun berturut sejak 2014.

Pekanbaru Raih Multiprestasi dari Tahun 2012-2022

Kota Pekanbaru masuk dalam kategori jumlah penduduk miskin terendah di Indonesia, Kota yang memiliki  perputaran uang terbesar di luar pulau jawa, Kota yang memiliki  MPP terlengkap di Indonesia sehingga menjadi role model nasional.

Pemerintah kota juga secara bertahap memulihkan ekonomi yang terdampak akibat pandemi. Kota Pekanbaru berhasil menekan angka kemiskinan sehingga menjadi kota dengan penduduk miskin terendah ke enam di Indonesia.

Capaian ini membuktikan kepemimpinan Wali Kota Pekanbaru Dr. Firdaus, S.T, M.T dan Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi komit dalam mewujudkan cita-cita pembangunan melaui upaya yang terus-menerus meningkatkan kinerja pembangunan menjelang berakhir masa jabatannya pada Mei 2022 mendatang.
Kota Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan Madani segera menjelma menjadi Kota Megapolitan dengan perkembangan yang sangat pesat di berbagai sektor. [Adv/Kominfo/SR]








 
 
 
Home | Daerah | Nasional | Internasional | Hukrim | Gaya Hidup | Politik | Sport | Pendidikan | Metropolis | Sosial Budaya | Kesehatan | Ekbis
Religi | Kupas Berita |Tokoh | Profil | Opini | Perda | DPRD Kota Pekanbaru | Tanjung Pinang-Kepri | Indeks
Pedoman Media Siber | Kode Etik Internal Perusahaan Pers |Redaksi
Copyright 2012-2021 SULUH RIAU , All Rights Reserved